Kamis, 13 Februari 2014

Amazing of Kelud Mountain

10 jam yang lalu
 Kamis, 13 Februari 2014 - Jum'at, 14 Februari 2014

Happy Valentine day Kelud...!! Sambutan yang hangat dari gunung kelud ini memang sesuatu yang bisa  dibilang cetar membahana. Bahkan muda - mudi yang rata - rata terkesan dengan Valentine pun mungkin sekarang untuk daerah yang terkena abu udah lupa sama hari yang dianggap istimewa ini ( tapi tidak bagi saya ).

10 jam yang lalu
9 jam yang lalu
Foto - foto ini setidaknya bisa sedikit atau banyak menjelaskan buat pembaca. Betapa dasyatnya letusan gunung kelud ini. Semalam gunung ini meletus pukul 22.50 WIB dengan mengeluarkan materialnya berupa abu vulkanik dan kerikil. Sedikit curcol nih, sebelum tidur saya mendengar nenek sepertinya sibuk mengerjakan sesuatu. Saya tidak melihat kesibukan nenek apa, hanya saja berkali - kali nenek saya buka tutup lemari pakaian. Karena pensaran dengan apa yang dilakukan nenek sekitar pukul 22.15 itu, saya bertanya pada nenek. Nenek bilang, lagi sibuk mengemasi semua pakaian ke dalam lemari, saya pikir untuk apa? ternyata saat jam segitu saya baru lihat berita di sebuah sosial media yang menyatakan bahwa gunung Kelud yang tadinya baru siaga III statusnya mendadak naik jadi AWAS dan itu sudah pukul 21.15 tadi. Saya pikir pantes aja kalo nenek mendadak beres - beres gitu. 

Tak lama berbincang dengan nenek saya akhirnya tertidur sebentar. Saya yang saat itu tidur dengan adik saya mendadak bangun karena mendengar suara nenek teriak - teriak ( gak kenceng sih, tapi cukup bikin kaget ). Meski ngantuk berat, saya mencoba bangun dan melihat apa yang terjadi. Adik saya bilang, sii Kelud muntah - muntah. Saya langsung ketakutan, akhirnya saya mengalami juga moment istimewa nan horor ini. Karena sebelumnya saya hanya mendengar cerita tentang letusan dari Kelud itu dari nenek dan kakek yang sudah mengalami sekitar 3 kali. Suasana jalan di depan rumah saya pun terdengar sangat ramai, setelah saya lihat memang banyak motor lalu lalang dan kebanyakan ke arah persawahan. Mereka bilang, dari area persawahan desa mereka bisa melihat dengan jelas bentuk letusan kilat - kilat yang menyambar di atasnya. Saya jadi penasaran dan ingin melihat secara langsung. Ternyata dari lantai 2 rumah saya pun bisa terlihat jelas, dilangit malam yang pekat ini kepulan awan merah meninggi di atas kelud. Kilatan - kilatan petirnya pun terlihat ganas dan sangat menakutkan, saya bahkan tidak berhenti bertasbih dan istighfar melihat kuasaNya yang begitu menakjubkan. Dan itu terjadi sekitar 3 jam lamanya, bahkan beberapa tetangga dekat saya ikut naik ke lantai atas untuk melihat. Jantung saya berdegup semakin sejak pandangan pertama saya dengan kepulan awan merah  dan kilatan menakutkan itu.
9 jam yang lalu
10 jam yang lalu

9 jam yang lalu

















Sampai detik ini saya menulis, berita tentang kedasyatan gunung Kelud tidak henti - hentinya di siarkan di layar televisi. Yang lebih menakjubkan lagi adalah abunya yang bisa sampai mampir ke Ciamis Jawa Barat. ( Subhanallah )

Tidak cukup sampai disitu para pembaca sekalian, yang namanya gunung Kelud ini benar - benar fenomenal. Mendadak lebih terkenal dari pada berita artis papan atas. Seharusnya yang namanya hujan abu itu mampir juga ke daerah saya, Papungan - Kanigoro - Blitar. Tapi pada kenyataannya, abu dan kerikil cuma sampai di daerah Nglegok atau sekitar 30 km dari puncak Kelud. Mungkin karena meletusnya kelewat tinggi, beritanya sih sampai 3000 km di atas permukaan puncak gunung, dan ternyata Tuhan memang Maha Adil. Daerah saya dulunya memang selalu kena dampak letusan. Tapi kali ini jadi istimewa karena beberapa jam setelah memuntahkan kerikil dan abu vulkanik, di daerah saya hanya sekitar satu jam hujan abu setelahnya langit hanya terlihat mendung dan bahkan matahari masih bersinar dengan hangatnya. Dan acara prepare semalem yang sampe maksa gak tidur akhirnya sia - sia ( sebenernya gak sia - sia juga ).

Ini kronologi singkat soal meletusnya gunung kelud dari berbagai sumber yang selalu update terus semalem :
22.45 Gunung Kelud baru saja erupsi (meletus). Arah letusan mengarah tenggara. Tinggi letusan 3000 km
22.47 Suara letusan gunung Kelud mulai terdengar. Kilat terlihat dari Utara begitu jelas
22.53 Kilatan Cahaya di Atas Gunung Kelud Terlihat Jelas dari Radius 20 Km
23.33 Imbas gunung kelud kawasan Ngantang terkena imbas hujan debu dan kerikil
23.39 Hujan batu di Kec. Pare
23.41 Kawasan Wlingi, Blitar gelap dan hujan abu
00.28 Muntahan gunung seperti batu kerikil sudah mencapai daerah Blitar
00.46 Kawasan wlingi blitar hujan abu dan kerikil, suasana terasa mencekam + langit gelap 
01.08 Intruksi walikota blitar kantor desa/kelurahan/kecamatan digunakan untuk posko pengungsian
01.13 Hujan batu di daerah Bajang, Blitar 
02.04 Lahar panas sudah mulai keluar dari Gunung Kelud dan mengarah ke kalibadak kediri 

Itu kronologi singkat di daerah yang masih sah - sah aja dan biasa terkena letusan gunung Kelud setiap kali meletus. Tapi apa jadinya kalo ternyata imbasnya bisa sampai Ponorogo, Madiun, Mojokerto, Malang ( Batu ), Sidoarjo bahkan hingga Solo dan Yogyakarta Jawa Tengah. Yang makin parah, ketebalan abunya bisa sampai 5 cm, subhanallah. Menurut BMKG, ini memang letusan paling besar dari pada letusan sebelumnya yang selalu melanda daerah saya juga pembaca. Alhamdulillah wa syukurillah... letusan yang paling parah ini malah tidak sampai mengenai daerah saya. Tapi dalam hati kecil, saya sudah siap - siap untuk menghadapi letusan ini. Dan jujur saya ingin sekali merasakan dan melihat hujan abu secara langsung, tapi Tuhan berkehendak lain. Daerah saya aman, hanya ada sangat sedikit hujan abu di bandingkan di Yogyakarta. Tidak perlu memakai masker dan kegiatan warga tetap berjalan seperti biasanya, hanya saja sekolah - sekolah libur mendadak hari ini. 

Ini lah bentuk kasih sayang Tuhan pada hambaNya, dan inilah Valentine day yang sebenarnya dimana hari ini bertepatan juga dengan Jum'at mubarok. Hari yang dikeramatkan umat Islam. Tuhan membagikan rejeki yang adil pada setiap hambaNya, termasuk dalam hal dampak bencana sekali pun. Meski begitu, saya masih merasa waspada dengan status AWAS II yang konon akan menjadi boomerang kemudian untuk daerah saya. Semoga Allah selalu memberikan perlindungan kepada hambaNya yang bertakwa. Allahumma amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar