Kamis, 20 Juni 2013

Fakta Tentang Panda


Anyeong haseyo...
Kita tahu, panda itu salah satu jenis hewan paling lucu di dunia. Dengan bentuk tubuhnya yang gemuk, dan warna bulunya yang hitam putih, di tambah lagi dengan kelakuannya yang menggemaskan bak bayi raksasa. Nah, kali ini Lala akan coba merangkai bebearapa fakta unik tentang panda yang merupakan satu jenis hewan yang paling Lala suka.

Dalam Zoologi panda termasuk hewan karnivora ( pemakan daging ) tapi 99% makanannya adalah bambu,  ( tetep aja bambu kan tumbuhan bukan daging...hehehe ) yang lebih unik, ternyata panda juga bisa makan madu, telur, ikan dan buah ( jadi penasaran...!! ) semua pasti pada tahu donk, habitat asli panda ada dimana? tepatnya di negeri tirai bambu, China. Dan di China, ada sebutan sendiri untuk panda, yaitu xiangmao. Beda lagi kalo di Taiwan, panda di sebut maoxiong. Ada artinya sobat, Xiong itu artinya beruang sedangkan Mao berarti kucing. Meski kelihatan unyu, tapi panda juga bisa menyerang manusia lho! Itu kalo dia merasa terancam ( perlu waspada juga, jangan sampai terbuai dengan keunyuannya hihihi ). Karena habitat aslinya di China, negara ini menggunakan panda sebagai alat diplomasi dengan negara lain. Karena itu, China punya tempat penangkaran panda terbesar di dunia, yang terletak di  provinsi Sichuan, China. Persisnya nih, di Cagar Alam Nasional Wolong. Tempat yang didirikan tahun 1963 adalah rumah bagi 30% panda yang terancam punah ( kasian... :( ). Ternyata nih, di Cagar Alam Nasional Wolong ada panda merah lho ( penasaran... ) dan ada juga macan tutul. Tapi panda merah ini lebih kaya kucing dibandingkan beruang, dan makannya pun tetap bambu. 
Pada tahun 2008, pernah terjadi gempa hebat di Sichuan. Untung panda-pandanya selamat, hanya saja seekor panda yang baru berusia 9 tahun, mati karena tertimpa dinding ( kasian... :'( ). Di tahun itu juga, sepasang panda dihadiahkan oleh pemerintah China untuk pemerintah Taiwan, sebenarnya nih...sepasang panda yang memiliki nomor 16 dan 19 di Cagar Alam Nasional Wolong ini, rencananya dihadiahkan pada tahun 2005 sebelumnya, tapi pemerintahan Taiwan yang saat itu di pimpin oleh Chen Shuibian menolak pemberian hadiah tersebut. Baru deh, saat pemerintahannya di ganti oleh presiden Ma Yingijun...Taiwan mau menerima hadiah sepasang panda ini dengan senang hati. Karena itu, sepasang panda di Taiwan ini di beri nama Yuanyuan dan Tuantuan. Jika di gabungkan namanya jadi Tuanyuan yang berarti Reuni. 
Selain Taiwan, ternyata pemerintah China juga menghadiahkan panda pada negara lain seperti Thailand, Hongkong, Jepang, USA, Jerman, Austria, Spanyol, Inggris dan Meksiko. Terus hadiah panda buat Indonesia mana? :( hehehehe
 
Mungkin itu aja, yang bisa Lala bagi buat pembaca. Makasiih udah sempetin mampir di blog ini yah? semoga bermanfaat dan jangan lupa komennya. Bonus nih, Lala kasih liat foto-foto panda di Cagar Alam Nasional Wolong. Gomapta...anyeong higeoseyo :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar